19 Januari 2009

BERSIH-BERSIH LINGKUNGAN GEREJA


        Usai perayaan ekaristi Minggu pagi, 21 Desember 2008, hujan mengguyur cukup lebat. Saat itu beberapa umat yang telah bersiap-siap untuk membersihkan lingkungan gereja menunda sejenak kegiatannya sambil menyerbu kantin dengan menu nasi kuning yang disediakan oleh wilayah Sisilia.

        Setelah hujan agak reda, anak-anak, muda-mudi, kaum dewasa, suster dan romo bahu membahu membersihkan lingkungan gereja untuk menyambut perayaan Natal. Wilayah Anna membersihkan Gua Maria. Wilayah Martha membersihkan pastoran, sementara itu wilayah Bernadeth membersihkan pendopo Santo Yosef dan wilayah Lusia membersihkan Aula Syalom. Sakristi dirapikan wilayah Sisilia. Bagian dalam gereja yang meliputi lampu-lampu bagian atas dan lantai gereja dilap dan dipel oleh wilayah Theresia dan wilayah Elisabeth.  Mengambil kesempatan berkumpulnya umat wilayah, wilayah Theresia yang dikomando oleh Bp. Sucipto selaku koordinator kegiatan Natal wilayah Theresia merangkai dan menghias pohon Natal.

        Pukul 12.00 Wita, lingkungan gereja tampak lebih bersih dan satu persatu umat mulai menghentikan kegiatan membersihkan gereja. Sementara itu umat wilayah Anna membuka bekal makan siang dengan lauk urap, ikan asin dan kerupuk yang dipersiapkan oleh ibu-ibu wilayah Anna. Sambil bercanda tawa, sebagian besar umat ikut menikmati hidangan yang terasa nikmat tersebut sebelum meninggalkan gereja. (smr)

Tidak ada komentar: