27 Maret 2009

MEMBERDAYAKAN HUBUNGAN ANTAR UMAT BERIMAN


Oleh: Romo Lioe Fut Khin, MSF

Umat Paroki St. Maria yang terkasih,

       Tema APP tahun ini “Memberdayakan Hubungan Antar Umat Beriman” dimaksudkan agar umat Katolik menyadari tanggungjawabnya untuk membangun kehidupan beriman secara terbuka dalam kerjasama dan dalam kebersamaan dengan umat beriman lainnya mulai dari lingkungan kita, walau sulit, sehingga muncullah hidup bersama yang cinta akan kerukunan dan kedamaian demi keutuhan kehidupan berbangsa/bermasyarakat.

      Adapun hasil yang diharapkan dari gerakan APP tahun 2009 ini adalah:

1.      Umat Katolik menyadari perlunya peningkatan wawasan iman secara terus menerus sehingga kehidupan iman Katolik sungguh-sungguh tampak dalam dialog kehidupan di tengah-tengah keberagaman agama, sehingga tercipta rasa hormat dan toleran satu sama lain, berinteraksi tanpa konflik dan berbaur dengan damai.

2.      Umat Katolik membangun habitus baru berupa keterbukaan untuk duduk bersama dan berdialog secara bijak dalam menyelesaikan persoalan-persoalan sosial dan menghadapi pesta demokrasi di tingkat daerah maupun tingkat nasional

3.      Umat Katolik khususnya kaum muda memiliki kesadaran dan tanggungjawab sosial bersama untuk ikut mengatasi konflik sosial berlatarbelakang agama dan masalah kemiskinan masyarakat dengan membangun usaha-usaha kooperatif lintas agama berdasarkan kasih.

4.      Umat Katolik pada umumnya dan kaum muda khususnya semakin teguh imannya melalui pergaulan dengan masyarakat di sekitarnya.

       Untuk mencapai tujuan tersebut, kita tahu, jalannya tidak mudah. Yesus sendiri menawarkan jalan-Nya, yakni jalan perendahan dan penyangkalan diri serta jalan salib. Dalam jaman sekarang ini ketika kemuliaan diartikan memiliki harta berlimpah, nama besar, pangkat dan jabatan tinggi; lalu orang berlomba-lomba mengejar hal-hal tersebut dan muncullah orang-orang tamak, sebab yang namanya keinginan manusia itu tidak ada batasnya jika mau dituruti. Tetapi Yesus mengatakan dengan lembut: “Tidaklah demikian di antara kamu.” Mulia bagi murid-murid-Nya adalah kerja keras, setia dan teguh memegang komitmen, dan berani menanggung duka derita dalam kehidupan ini. Sebab kualitas manusia tidak dilihat dari harta, pangkat dan kedudukannya, melainkan dari situasi batinnya yang jujur, putih dan bersih, yang pasti akan mengundang semua orang untuk menjadi teman dan sahabat entah apa pun agamanya.

       Selamat menjalani masa Prapaskah. Kami para romo mengasihi Anda semua.


Tidak ada komentar: