27 Maret 2009

RAPAT PLENO DAN TEMU WICARA DENGAN BAPAK USKUP PETRUS TIMANG


Senin, 2 Maret 2009 Bapak Uskup Petrus Timang berkenan hadir dalam rapat pleno Dewan Paroki Santa Perawan Maria YTTN yang bertempat di Aulan Syaloom. Acara yang dimulai pukul 19.00 Wita itu didahului dengan perkenalan Dewan Paroki, Ketua Wilayah dan Ketua Komunitas dan dilanjutkan dengan pemaparan data umat paroki dan penyampaian program kerja oleh Ibu Gabby (Ketua II Dewan Paroki).

       Menanggapi pemaparan tersebut, Bapak Uskup menyatakan beberapa hal, yaitu:

1.      Manajemen pelayanan yang baik adalah pelayanan yang berbasiskan data. Hal ini akan dibawa dalam pertemuan para pastor di Keuskupan Banjarmasin.

2.      Sesudah data ada, perlu dilakukan kunjungan ke rumah umat. Bagaimanapun sulitnya, kunjungan oleh romo, pengurus wilayah dan komunitas ke rumah-rumah umat perlu dilakukan dan diprogramkan, apalagi saat ini jumlah KK di paroki Kelayan masih tergolong kecil.

3.      Berdasarkan data umat, umat di paroki Kelayan masih sangat kecil dibanding populasi penduduk Banjarmasin. Untuk itu kita hendaknya menjadi terang dan garam bagi orang lain.

4.      Bapak Uskup menyatakan kegembiraannya dengan adanya pelatihan, pendalaman iman dan retreat yang ada di program kerja paroki. Beliau memandang perlu kegiatan ini karena umat perlu diteguhkan imannya.

5.      Akan dibuat aturan untuk pembenahan keuangan paroki di keuskupan Banjarmasin. Bapak Uskup menugaskan romo Fut selaku sekretaris dan ekonom keuskupan untuk pembenahan tersebut.

6.      Pembagian kerja Dewan Paroki yang baik adalah pembagian kerja berdasarkan Panca Krida (Liturgia, Kerigma, Diakonia, Koinonia dan Martiria). Di Dewan Paroki Kelayan yang ada hanya Catur Krida (bidang Liturgi, Pewartaa/Kerigma, Diakonia, Koinonia). Tugas Martiria/perutusan dikerjakan oleh wilayah dan komunitas.

       Selanjutnya, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan uneg-uneg, pertanyaan, saran dan tanggapan kepada Bapak Uskup.

          Sebelum Temu Wicara dengan Bapak Uskup diakhiri, romo Allparis menegaskan bahwa semua program kerja yang dilakukan harus dilandasi dengan semangat martiria. Program kunjungan umat sudah dicanangkan dalam Raker Dewan Paroki Kelayan, namun demikian dewan masih memerlukan informasi dari komunitas untuk kunjungan tersebut.

RAPAT PERSIAPAN PEKAN SUCI

 Setelah Bapak Uskup meninggalkan Aula Syalom, acara dilanjutkan dengan rapat persiapan paskah yang dipimpin oleh panitia Paskah (Bp. Alfons Wahab dkk). Panitia Paskah menanyakan kepada ketua wilayah perihal kesiapan wilayah dalam tugas-tugas selama Pekan Suci. Hampir seluruh wilayah telah mempersiapkan tugas-tugas yang diberikan. (smr)

Tidak ada komentar: