25 Februari 2009

BARONGSAI KOMKA


Memeriahkan Tahun Baru Imlek dan perayaan Cap Go Meh selama 6 hari dari tanggal 25 – 27 Januari 2009 dilanjutkan tgl 8-10 Februari 2009, group Barongsai KOMKA mengadakan barongsai keliling ke rumah umat yang merayakan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

        Minggu, tanggal 25 Januari 2009 pukul 14.00 rombongan group barongsai KOMKA dilepas dan diberkati oleh Pastor Paroki Santa Perawan Maria Yang terkandung Tanpa Noda, Rm. Allparis menandai dimulainya arak – arakan barongsai keliling. Group Barongsai KOMKA membawa 2 buah barongsai yang berwarna kuning keemasan dan warna pink bercampur hitam. Walau di hari pertama hujan deras, tetap tidak mengurangi semangat anggota kelompok barongsai yang berjumlah 23 orang. Dengan menggunakan 2 buah mobil pick up, rombongan menuju rute yang sudah disusun terlebih dahulu. Semua pemilik rumah yang dikunjungi menyambut dengan hangat kedatangan barongsai KOMKA karena merasa terhibur melalui barongsai yang dimainkan oleh Komka dengan berbagai gaya. Hari pertama berakhir hingga pukul 22.00, walau lelah semua masih memiliki semangat membara untuk mempersiapkan hari esok.

     Di Hari ke 2, cuaca sangat mendukung, permainan barongsai yang ditampilkan sangat atraktif sehingga menimbulkan decak kagum dari para penonton. Jalanan macet dan anak – anak yang berkeliaran menonton selalu terjadi setiap group Barongsai KOMKA tampil dari rumah ke rumah.

        Di hari ke 3, walau agak kelelahan karena berjuang selama 2 hari sebelumnya, tetapi group barongsai KOMKA tetap harus menampilkan atraksi yang hebat. Pada malamnya group barongsai KOMKA diminta untuk tampil di Susteran SCMM untuk menghibur para suster.

         Pada perayaan Cap Go Meh yang menandai berkhirnya rangkaian kegiatan imlek, di malam penutupan, Barongsai KOMKA Santa Maria, Kelayan bertemu dengan Barongsai KOMKA St Don Bosco, Veteran dengan komando Rudini cs di Jl. Veteran untuk melaksanakan atraksi dan adu kepiawaian memainkan barongsai. Suasana di malam itu begitu semarak dan penonton begitu membludak hingga waktu menunjukan pukul 23.00 yang mengharuskan semua kegiatan harus diakhiri.

          Selama 3 hari, Fr. Anis Cmm selalu setia mendampingi Group Barongsai KOMKA dan beliau mengaku sangat senang karena ini pengalaman pertama beliau ikut arak –arakan barongsai.

          Puji dan syukur kepada Yesus Kristus atas kelancaran kegiatan ini selama 3 hari. Hasil yang didapatkan selama 6 hari sangat luar biasa, jerih payah anak-anak KOMKA pun tidak sia-sia. Kegiatan ini menandakan bahwa OMK pada khususnya dan Gereja pada umumnya terbuka dan peduli terhadap kebudayaan serta dapat melestarikannya.

          Diucapkan terima kasih yang luar biasa kepada semuanya yang mendukung kegiatan ini, antara lain: Rm. Allparis dan Rm Fut, Bpk Willy, Ibu Gaby,  Ibu Murba, Pengurus Dewan Paroki serta Ketua – ketua Wilayah dan komunitas, Om Yanto Chandra, Om Keng Beng, Om Oei Soe Siang dan seluruh donatur juga sponsor. (Tommy) 

Tidak ada komentar: