25 Februari 2009

RAPAT DEWAN PAROKI SEPUTAR PEKAN SUCI

  Bertempat di pastoran, hari Senin, 9 Februari 2009 pukul 20.00 Wita telah dilaksanakan rapat Dewan Paroki Pleno dengan agenda Persiapan Pekan Suci, Penyampaian oleh-oleh Muskerpas, Rencana Pengobatan Gratis dan Donor Darah serta Rencana Pelatihan Sound System.

 

1. Persiapan Pekan Suci

Bp. Alfons dan Ibu Ida selaku ketua dan sekretaris panitia Paskah 2009 menyampaikan hasil rapat Panitia sebelumnya, yaitu:

-   Jadwal petugas Pekan Suci 2009 telah dibagikan ke ketua komunitas dan diharapkan ketua komunitas memberitahukan pada warganya yang mendapat tugas.

-   Rabu Abu

Misa Rabu dilaksanakan pukul 06.00 Wita dan 19.00 Wita.

-   Sakramen Tobat

Sakramen tobat untuk wilayah Anna selain komunitas Gregorius, Bernadeth, Lusia, Martha dilaksanakan di gereja. Komunitas-komunitas di wilayah Elisabeth, Sisilia, Theresia dan komunitas Gregorius dapat dilayani di komunitas masing-masing dengan mendaftar ke sekretariat/romo. Waktu yang disediakan untuk sakramen tobat di komunitas adalah 2 minggu sebelum Minggu Palma.

 

- Kerja Bakti Lingkungan Gereja

  Dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Maret 2009 (hari raya Nyepi) mulai pukul 08.00 Wita. Pembagian tugas kerja bakti adalah sbb:

   Wil. Anna : Pastoran

   Wil. Bernadeth & Sisilia : dalam gereja

   Wil. Elisabeth : Pendopo St. Yosef

   Wil. Martha : Gua & halaman parkir

   Wil. Lusia : Sakristi & Altar

   Wil. Theresia : Aula Syalom

- Minggu Palma

   Misa dilaksanakan pada hari Minggu, 5 April 2009 pukul 07.30 Wita dan 18.00 Wita. Perarakan dilakukan hanya pada Misa Minggu pagi dari Gua Maria ke dalam gereja. Diharapkan seluruh umat masing-masing membawa daun palma dan mengikuti seluruh rangkaian perayaan secara penuh mulai dari depan Gua Maria hingga masuk ke dalam gereja. Pasio dibacakan. Parkir di SD Santa Maria.

- Kamis Putih

  12 rasul adalah petugas yang ditunjuk dari pengurus Dewan paroki, Ketua Wilayah & KOMKA. Pentahtaan Sakramen Mahakudus dilakukan di Gua Maria.

- Jumat Agung

   Perayaan Jumat Agung dimulai pukul 15.00 Wita. Pasio dinyanyikan. Tempat kolekte disiapkan di pintu gereja dan umat memberikan kolekte saat masuk ke dalam gereja.

- Malam Paskah

   Dilaksanakan hari Sabtu, 11 April 2009 pukul 20.00 Wita.

- Paskah Pagi

   Misa dimulai pukul 08.00 Wita. Paroki menyiapkan telur Paskah untuk dibagikan pada anak-anak yang hadir dalam Misa Paskah pagi. Setelah misa akan digelar santap bersama / Agape.

 

2. Bakti sosial

        Seminggu setelah hari raya Paskah, tepatnya 19 April 2009 pukul 09.00 – 13.00 Wita akan dilaksanakan Bakti sosial berupa Donor Darah dan pengobatan gratis untuk umat dan masyarakat di sekitar gereja.  Untuk mendukung kegiatan tsb, diharapkan partisipasi umat berupa:

-   Kesediaan menjadi pendonor darah. Diharapkan ketua komunitas mendata umatnya yang bersedia menjadi pendonor dan mendaftarkan ke seksi sosial.

-   Sumbangan obat-obatan.

-   Bantuan dana.

-   Bantuan tenaga untuk membagi obat-obatan.

-   Bantuan tenaga untuk pelaksanaan kegiatan tsb.

Umat yang bersedia memberikan sumbangan/bantuan dana/tenaga dapat menghubungi seksi Sosial (ibu dr. Wina).

 

3. Pelatihan Sound System

       Untuk mengantisipasi gangguan tata suara dalam kegiatan paroki dan untuk membekali umat dengan pengetahuan dasar tata suara yang nantinya dapat dijadikan kegiatan ekonomis, maka pada  tanggal 22 Februari 2009 pukul 10.00-15.00 Wita akan dilaksanakan pelatihan tata suara.  Materi pelatihan meliputi teori dan praktek dan akan dibawakan oleh Bp. Stevanus S. Tanto (Bp. Hock Seng).

 

      Rapat diakhiri dengan pembagian buku bacaan liturgi untuk masing-masing komunitas agar anggota komunitas yang menjadi petugas liturgi, terutama lektor dapat berlatih lebih dahulu. (smr)

Tidak ada komentar: