27 September 2011

PISAH SAMBUT PASTOR PAROKI


Sesuai Surat Keputusan Uskup Keuskupan Banjarmasin dinyatakan bahwa per 1 September 2011, Romo Ignatius Allparis Freeanggono, Pr. diberhentikan sebagai pastor paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda dan ditugaskan sebagai pastor paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran. Sebagai penggantinya, diangkat Romo Antonius Doso Susanto, Pr. sebagai pastor paroki. Serah terima atas pergantian pastor tersebut dilaksanakan di Paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda pada hari Senin, 12 September 2011 pukul 18.00 Wita.

Perayaan Ekaristi

Perayaan ekaristi harian pada hari itu sepenuhnya diintensikan untuk serah terima pastor paroki. Bapak Uskup, Mgr. Petrus Timang berkenan memimpin perayaan ekaristi dengan didampingi Romo Allparis, Romo Doso, Pr., Romo Soni, Pr., Romo Simon, Pr., Romo Supriadi, CM serta Diakon Gunawan. Hampir seluruh bangku gereja terisi oleh umat yang hadir. Koor oleh PSP Serafim.

Menguraikan bacaan pada hari itu (1 Tim 2:1-8, Luk 7:1-10), Bapak Uskup dalam homilinya menyatakan bahwa sebagai murid Yesus kita diminta berbuat baik pada semua orang serta mendoakan orang lain sehingga hidup kita menjadi contoh dan mencerminkan hidup sebagai seorang yang telah ditebus. Dalam peristiwa pergantian pastor paroki, umat diajak mensyukuri pelayanan yang telah dilakukan oleh Romo Allparis di paroki Santa Maria serta mendoakan pelayanan dan tantangan yang dihadapi Romo Allparis di tempat yang baru. Di paroki Santa Maria telah diutus pastor yang lain, yakni Romo Doso untuk meneruskan pelayanan para pendahulunya. Patut dipahami oleh umat bahwa semua ini dilakukan untuk kebaikan semuanya, baik umat maupun pastornya. Apalagi umat Paroki Santa Maria dianggap cukup dewasa dan terbuka untuk menerima siapapun pastor yang berkarya.

Setelah homili dilaksanakan rangkaian acara serah terima yang dimulai dengan pembacaan SK pindah tugas Romo Allparis dan pengangkatan Romo Doso menjadi pastor paroki. Pembacaan dilakukan oleh Sekretaris Keuskupan, Romo Soni yang kemudian diikuti dengan pengangkatan dan pembacaan janji oleh pastor paroki yang baru. Selanjutnya Romo Allparis membacakan memori serah terima. Setelah itu memori serah terima, Buku Rencana Kerja Dewan Pastoral Paroki 2011 – 2014 serta berkas-berkas lainnya diserahkan Romo Allparis kepada Bapak Uskup yang kemudian diserahkan kepada romo Doso. Rangkaian acara serah terima terima itu diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima.

Sebelum berkat penutup, diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan kepada Romo Allparis, romo Doso, Bp. Andreas Sunarko selaku ketua I DPP dan Bapak Uskup.

Ramah Tamah

Setelah perayaan ekaristi, di depan Aula Syalom, Bapak Uskup, Romo Allparis dan Romo Doso disambut dengan tari-tarian anak-anak yang mengantar memasuki aula. Acara yang dipandu oleh Bp. F. Sudarmo itu diawali dengan kesan pesan dan harapan oleh Amel sebagai wakil anak-anak, Sdr. Jimmy sebagai wakil kaum muda serta Bp. Tjhie Keng Beng yang mewakili umat yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan kepada Romo Allparis oleh para ketua wilayah.

Setelah selingan Vocal Group oleh anak-anak Asrama Putri Satya Andika, romo Allparis memberikan kesan pesan dan harapan yang diikuti dengan penyerahan tumpeng oleh Romo Allparis kepada Romo Doso. Selanjutnya Romo Doso memberikan sambutan dan kemudian penyerahan kenangan-kenangan oleh DPP kepada Romo Allparis. Acara ditutup dengan santap malam bersama dan berakhir pada pukul 21.30 Wita. (smr)

Tidak ada komentar: