19 Oktober 2008

PEMBEKALAN PEMIMPIN IBADAT : Mempersiapkan Renungan

Melanjutkan rangkaian Pembekalan Pemimpin Ibadat Komunitas yang telah dilakukan pada bulan Agustus yang lalu, pada hari Senin, tanggal 6 Oktober 2008 pukul 20.00 – 21.30 WITA di pendopo Santo Yosef diselenggarakan pembekalan lanjutan yang dipimpin oleh romo Aloysius Lioe Fut Khin, MSF. Pembekalan kali ini dikhususkan pada teknik mempersiapkan renungan. Keduapuluh dua peserta yang berasal dari 14 komunitas langsung diajak praktek cara mempersiapkan renungan yang diambil dari bacaan Injil hari itu, yaitu dari Lukas 10:25-37 mengenai “Orang Samaria yang Murah Hati” yang kemudian dilanjutkan dengan bacaan Injil keesokan harinya, yaitu dari Lukas 10:38-42 mengenai “Maria dan Marta.” Sambil praktek, romo Fut menekankan bahwa dalam membawakan renungan atau kotbah, kita mewartakan kabar gembira dari Tuhan. Tahap-tahap yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan renungan adalah:

  1. Doa, memohon bimbingan Tuhan.
  2. Membaca secara keseluruhan bacaan yang akan dibawakan dalam renungan.
  3. Membaca bacaan dengan lebih cermat dan lebih mendalam
  4. Membuat pertanyaan untuk hal-hal yang tidak dimengerti, seperti: apa maksud peristiwa tsb, mengapa terjadi demikian, bagaimana hal tsb terjadi, dsb.
  5. Merenungkan apa yang menarik dari bacaan tersebut, bisa berupa ayat, pesan, peristiwa, dll.
  6. Kembangkan ide atau hal-hal menarik dengan ayat-ayat lain yang mendukung, bisa juga ditambahkan cerita, sharing, contoh nyata, dsb.

Ternyata mempersiapkan renungan tidak sulit! Pembekalan berikutnya akan diadakan pada hari Senin, 3 November 2008 dengan diawali renungan atau kotbah yang dipimpin oleh perwakilan dari wilayah Bernadeth. (smr)

Tidak ada komentar: