07 Juli 2010

RAPAT DEWAN PAROKI PLENO JUNI 2010

Rapat Dewan Paroki Pleno bulan Juni 2010 dilaksanakan 2 kali dengan bahasan utama Persiapan Tahbisan Imam di Paroki Kelayan.

1. Rapat Pleno: Selasa, 1 Juni 2010

Sehubungan dengan rencana Tahbisan Diakon Yohanes Susilo Hadi yang akan dilaksanakan di Paroki Kelayan pada hari Rabu, 13 Oktober 2010, rapat Dewan Paroki Pleno kali ini dihadiri oleh Bapak Uskup Petrus Timang dan vikjen, romo Yuliono, MSC.

Romo Yuliono dalam arahannya menjelaskan latar belakang dipilihnya paroki Kelayan sebagai tempat tahbisan yaitu sebagai pengganti karena rencana tahbisan uskup terdahulu tidak jadi dilaksanakan di paroki Kelayan. Pada kesempatan tsb, Bapak Uskup me-nyarankan agar pelaksanaan tahbisan tidak perlu mewah, yang utama berjalan dengan baik dan lancar serta bisa memberikan makna panggilan. Oleh karena itu perlu melibatkan anak-anak sekolah.

Dalam rapat tersebut telah tersusun Panitia Tahbisan sbb:

Ketua I : B. Murbaningsih

Ketua II : AP. Anwar Yusran

Sekretaris : Fl. Sudarmo & Joko Purnomo

Bendahara : A. Gaby Siantory & Trisia

Seksi-seksi:

Liturgi : Charles Iwan Sutanto

Perlengkapan : Y. Tjie Keng Beng & YB Sukardi

Konsumsi : Novita / PKP

Keamanan : Benediktus

Parkir : Tommy / KOMKA

Acara : Anna Trombine

Dokumentasi : Riyanto, Horian & Irwan

Sound System : Singindra Tanto

Usaha Dana : A. Willy Sebastian & Alfonsus Wahab

Kesehatan : dr. Wina, Yanti, ibu Parseno

Tata Tertib : Venansius & Isyaias Sawing

Dekorasi : A. Pramono & Antonina Ida Harino

Publikasi & Buku Kenangan : Anton DN & Nining

Akomodasi & Transportasi : Andreas Sunarko

Penerima Tamu : WKRI Cab. Santa Maria

Kebersihan: Anton Irpandi

Selama diakonat, Frater Yohanes akan ditempatkan di Paroki Kelayan.

Selain pembentukan Panitia Tahbisan, dalam rapat tersebut disampaikan beberapa hal:

Katekumen: Mulai bulan Juli 2010 akan dimulai pelajaran untuk calon baptis. Diminta ketua komunitas menyampaikan nama-nama katekumen pada Sekretariat Paroki. Akan dibentuk Tim Pengajar (melibatkan para suster, frater, romo dan para katekis) yang dikoordinir oleh Bp. Anton Kuwat. Pelaksanaan pelajaran tiap hari Minggu pukul 16.30 Wita.

Penerimaan Sakramen Krisma: Dilaksanakan pada hari Minggu, 21 November 2010. Formulir pendaftaran diambil di sekretariat paroki atau ketua komunitas. Pelajaran dimulai bulan Agustus.

Santo Yosef: Diusahakan setiap komunitas dan wilayah mempunyai pelayan yang mau dan bisa mendoakan arwah di pemakaman.

Penggantian Pengurus Dewan Paroki: Mulai Januari 2011 akan dilakukan evaluasi kinerja DP sebagai pertanggungjawaban selama 1 periode. Perlu dibentuk Panitia Evaluasi.

2. Rapat Pleno: Minggu, 13 Juni 2010

Rapat Dewan Paroki Pleno ini khusus membicarakan pembagian tugas, teknis acara sekaligus sosialisasi pelaksanaan tahbisan sbb:

· Diperkirakan umat yang hadir 2000 orang.

· Misa dilaksanakan di dalam gereja dengan durasi maksimal 2 jam. Acara ramah tamah dan agape dilaksanakan di halaman parkir gereja dengan waktu maksimal 1 jam.

· Koor, petugas liturgi, tari-tarian pada perayaan ekaristi dipercayakan pada sekolah-sekolah Katolik di Banjarmasin.

· Hiburan akan diisi oleh sekolah Katolik di Banjarmasin & Banjarbaru serta kaum muda.

· Misdinar dari Paroki Kelayan. Menghias altar oleh suster-suster SFD. Umat yang ingin berpartisipasi dalam pengadaan bunga altar dimohon menghubungi suster Anna, SFD.

· Doa Tahbisan akan didoakan satu bulan berturut-turut sebelum pelaksanaan acara.

· Diberikan kesempatan pada umat untuk memberikan ucapan selamat atas tahbisan imam dan akan diterbitkan dalam buku kenangan.

· Parkir di halaman SD & TK Santa Maria. Untuk mengantisipasi keterbatasan tempat parkir, dihimbau pada umat agar membawa kendaraan seminimal mungkin. Bila memungkinkan bergabung dengan kendaraan umat lain.

Rapat berikutnya akan digabung dengan rapat Dewan Paroki Pleno bulan Juli 2010. Diminta tiap seksi menyampaikan rencana anggaran. (Fl. Sudarmo & Nining)

Tidak ada komentar: