07 Juli 2010

SABTU IMAM

Tindak lanjut dari Hari Minggu Panggilan, 25 April 2010, Romo dan Bidang Pewartaan menyelenggarakan pertemuan setiap Sabtu, minggu pertama dalam bulan, jam 17.00 – 17.30 di ruang kerja Romo Paroki. Kegiatan ini dinamakan SABTU IMAM dan telah dimulai tgl 5 Juni 2010.

Publisitas SABTU IMAM memang tidak serta merta ditulis di teks misa, namun dijaring dari mulut ke mulut bagi anak-anak atau remaja yang dengan tulus hati tertarik mendalami panggilan ataupun menapaki hidup panggilan khusus sebagai romo, bruder, frater, suster dan biarawan-biarawati.

Dalam pertemuan pertama ada 7 anak dan remaja yang mengikuti kegiatan ini. Beberapa orang tua juga ikut mendampingi anak-anak mereka. Mereka dibimbing langsung oleh Rm. Allparis. Pada kegiatan awal ini mereka diajak berdoa, tanya jawab dan mengenal teladan hidup santo atau santa pelindungnya. Kegiatan selanjutnya akan melibatkan para pastor, suster, bruder, dan frater yang ada di paroki sebagai wujud tema panggilan yakni kesaksian hidup mereka membangkitkan panggilan. Kegiatan tidak hanya berdoa dan membaca kitab suci tetapi juga banyak aktivitas lain yang dapat memberikan wawasan luas kehidupan mereka yang telah terpanggil dan usaha-usaha meneruskan kebaikan kasih Allah bagi semua orang.

Belum berkembangnya panggilan secara umum di Keuskupan Banjarmasin ataupun di paroki-paroki kemungkinan karena kurangnya pemeliharaan tunas-tunas panggilan yang bersemi. Pertanyaan refleksi :

1. Apakah mereka yang terpanggil sudah memberikan teladan kesaksian hidup, bukan menjalankan profesi yang sedang digelutinya?

2. Apakah orang tua mendukung putra-putrinya ketika mereka mengutarakan maksud pilihan panggilan hidupnya?

Pemeliharaan tunas panggilan sudah dimulai, merupakan sebuah usaha yang patut di dukung bersama di dalam situasi kehidupan dunia modern saat ini. Diharapkan semakin banyak anak dan remaja yang terpanggil dan dapat menggunakan sarana SABTU IMAM untuk menguatkan panggilannya. Biarlah Roh Kudus memelihara karya ini dan kita berpengharapan untuk melimpahnya para penuai di waktu yang akan datang, khususnya dari Paroki kita! (zo)

Tidak ada komentar: