25 Mei 2009

BULAN MARIA, NOVENA ROH KUDUS DAN KOMUNIKASI SOSIAL


Oleh: Romo Ign. Allparis Freeanggono, Pr.

Saudara saudara yang terkasih,

Pada bulan Mei ini, selain bulan Maria, dimana umat secara khusus menghormati Maria dengan Doa Rosario setiap hari, bulan ini juga bulan dimana ada Novena datangnya Roh Maha Kudus, dimana umat menantikan hari Pentakosta, hari turunnya Roh Kudus. Secara bersamaan, tgl 31 Mei 2009 selain hari penutupan bulan Maria, pada misa sore pukul 18.00 Wita di gereja Santa Perawan Maria, akan dilayani oleh kaum muda sekeuskupan Banjarmasin untuk menutup bulan Maria. Diharapkan kehadiran umat pada acara tersebut.

Selain hal- hal diatas, bulan ini juga ada peringatan hari Minggu Komunikasi Sosial (KOMSOS) dengan tema Teknologi Baru, Relasi Baru: Memajukan Budaya Menghormati, Dialog dan Persahabatan. Novena kali ini bisa membantu kita untuk memohan rahmat kebijaksaan agar kita tidak ragu-ragu menggunakan teknologi modern untuk menjalin persahabatan dan mempererat kasih. Kita memohon rahmat kebijaksaan agar kita sunggguh-sunguh menyikapi dengan bijak teknologi komunikasi modern ini. Selain harapan dan kecemasan, ada manfaat dan harapan yang banyak atas hal ini. Namun seiring dengan itu, ada virus yang mengiringi teknologi ini, yang datang mungkin seiring dengan harapan yang ada.

Kehadiran teknologi modern tak boleh melupakan kehadiran orang-orang yang ada disekitar kita, kita tak boleh terjebak dalam dunia maya. Persahabatan dengan media elektronik, bukan tidak boleh, tetapi hendaknya bijaksana. Kita ada bersama oranmg-orang yang ada disekitar kita, misalnya kita sedang dalam kelompok yang bersama-sama berbicara tetapi sementara ada diantara kita asyik sms-an dengan orang lain yang jauh, sementara yang dekat dianggap tak ada. Lebih parah lagi, sementara mengikuti ekaristi, doa komunitas, ada juga yang asyik sms-an dengan orang lain.

Saudara-saudara, tentu hal ini tidaklah benar. Mari bersama-sama kita menyikapi dengan bijak teknologi komunikasi modern ini. Dengan niat dan kehendak yang baik, kita mohon kepada Tuhan, mohon kekuatan agar kita tidak ragu-ragu menggunakan alat komunikasi modern, juga sebagai sarana pewartaan tentang Kerajaan Allah. Relasi baik kita satu sama lain dan dengan sarana teknologi juga bisa merupakan media untuk mewujudkan relasi kita sebagai putra-putri Bapa, dan akan menghasilkan buah yang melimpah. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar: