21 Juni 2009

DIMANAKAH POSISI KITA?

Oleh: Sugiarta Halim

Apabila, Sebab, Walaupun kata ini adalah sebuah realita kehidupan yang sering dialami dalam perjalanan kehidupan kita.. Di posisi manakah kita saat ini dikaitkan dengan kehidupan rohani?

Tipe pertama = "APABILA"
- Apabila Tuhan menjawab doaku, maka aku akan mengasihi Tuhan dengan hatiku...
- Apabila Tuhan menolongku, maka aku akan melakukan apa yang Kau inginkan dalam hidupku..
Tipe pertama ini, cenderung untuk mengatur Tuhan melakukan apa yang ia inginkan. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika Tuhan tidak memberikan apa yang ia inginkan?
Terkadang jika kehidupan rohani berada di posisi ini maka kasih yang kita milikipun menjadi kasih yang bersyarat, "Nak, apabila kamu berhasil rangking 1, maka papa akan memberikanmu Handphone..."

Tipe Kedua = "SEBAB"
- Aku akan memuji Tuhan sebab perbuatanNya yang ajaib dalam hidupku
- Aku akan menyembah Allahku sebab pertolonganNya hebat atasku.
Tipe ini jauh lebih baik dari tipe pertama,
TETAPI... Tuhan tidak pernah menjanjikan kalau mengikut Yesus akan bebas dari masalah, bebas dari beban hidup serta bebas dari badai kehidupan.
Apakah saat kita mengalami ujian kehidupan, di saat Tuhan seolah membiarkan kita sendirian (untuk menguji seberapa besarnya cinta dan iman kita kepada-NYA), apakah kita dapat berkata "Sekalipun aku dalam lembah kekelaman, aku akan tetap bersuka, sebab aku yakin bahwa Tuhan besertaku, aku mencintaiNYA lebih dari apapun..."

Tipe yang ketiga = "WALAUPUN"
- Walaupun badai menghadang, ku tetap yakin Kau bersamaku.
- Walaupun semua orang meninggalkanku, ku tidak peduli karena Kau tetap disampingku.
Tipe inilah yang dicari BAPA di sorga, bahwa kita mencintaiNYA bukan karena apa-apa, tapi karena kita mencintaiNYA,,,
seperti para pujangga mengatakan "Tidak ada alasan untuk kita mencintai seseorang..."

Sahabat ada di posisi manakah kita sekarang?

Masalah-masalah yang kita hadapi bisa membuat kita jatuh atau bertumbuh, pilihan ada ditangan kita tergantung dari bagaimana cara kita menanggapinya.
Sangat disayangkan banyak orang gagal untuk melihat bagaimana Tuhan menggunakan masalah untuk kebaikan mereka dan Tuhan menunjukan KasihNya kepada kita.
Saat mengalami tantangan dan beban kehidupan yang sangat dahsyat jangan pernah menyerah, sekalipun semua orang meninggalkanmu, percayalah bahwa Tuhan selalu setia berada di depanMu, memimpin setiap langkahmu, hanya jangan pernah salahkan Tuhan atas segala yang terjadi dalam hidupmu.... Tetap pertahankan imanmu... karena ada rencana indah Tuhan dibalik setiap masalah yang menghadang kita. Satu hal yang pasti adalah masalah membuat kita lebih dewasa dalam karakter serta rohani dan masalah adalah salah satu sarana / pintu dimana kita bisa mengenal Tuhan lebih dekat. Dalam beberapa kasus, masalah adalah cara Tuhan agar kita berbalik kepadaNya.
Hendaknya kita sadar dan berpikiran jernih dan sadar bahwa TUHAN kita lebih besar dari pada setiap masalah yang kita hadapi..1 korintus 10:13
Jadi hendaknya kita selalu mengucapkan syukur atas segala hal yang terjadi pada diri kita. Baik Keberuntungan maupun Kemalangan, Baik Kegembiraan maupun kesedihan, Kesehatan dan Kesakitan. Karena Allah memiliki rencana indah dari semua perkara tersebut.
Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya dan ia akan bertindak; ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang. ( Mazmur 37;5-6 ).

Tidak ada komentar: