03 September 2008

HABAR KOMKA

PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-63
KOMISI KEPEMUDAAN KEUSKUPAN BANJARMASIN
“Seperti apa yang disampaikan Mgr. Soegijapranata,
Jadilah 100% Indonesia dan 100% Katolik !”

Misa OMK 5 Paroki

Tanggal 17 Agustus 2008 kemarin, dilaksanakan serangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63 oleh Komisi Kepemudaan Keuskupan Banjarmasin yang melibatkan Komunitas Orang Muda Katolik (KOMKA) dari 5 Paroki yaitu Paroki Katedral “Keluarga Kudus” Banjarmasin, Paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda Kelayan, Paroki Hati Yesus Yang Maha Kudus Veteran, Paroki Bunda Maria Banjarbaru dan Paroki Santa Theresia Pelaihari.

“Tema homili saya adalah “Merdeka,” sesuai dengan bacaan kita pada hari ini. Kalau kita berbicara tentang kata merdeka, pertama-tama adalah kemerdekaan itu dapat kita raih karena rahmat Allah. Kalau saya utak-atik kata merdeka itu, maka merdeka = ‘mereka dekat karena Allah.’ Sekarang pertanyaannya adalah, ‘Apakah kalian sudah merdeka?’ Bagi saya pribadi, merdeka akan mampu membuat saya bebas dan orang lain pun bebas untuk berkreasi. Namun hal ini ternyata tidaklah gampang kita laksanakan. Karena jika kondisi seperti itu belum dapat kita alami, maka sesungguhnya kita ini belum merdeka!

Jika saya merenung sejenak, saya kembali teringat akan para pendiri bangsa ini, disitu ada Soekarno. Beliau pernah berkata, ‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal dan menghargai jasa para pahlawannya. Mgr. Soegijapranata, SJ juga pernah berujar, ‘Jadilah 100% Indonesia dan 100% Katolik !’ Sedangkan John F. Kennedy menyatakan, ‘Jangan tanya apa yang diberikan negara kepadamu, tetapi tanyakanlah pada dirimu sendiri apa yang sudah kamu berikan untuk negara.’ Pertanyaannya sekarang, ‘Apa yang sudah kalian berikan untuk negara?’ demikian secuplik homili yang disampaikan Pastor Petrus Prillion, MSF selaku Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Banjarmasin pada Misa Orang Muda Katolik (OMK) memperingati HUT Kemerdekaan RI yang dilangsungkan di Paroki Katedral “Keluarga Kudus” Banjarmasin. Misa dihadiri oleh OMK dari 5 paroki dan umat. Selaku konselebran utama Pastor Prillion, MSF didampingi oleh Pastor Frensius Suprijadi, CM.

Hampir sebagian besar yang hadir dalam Misa kali ini adalah orang muda, dan petugas Misa pun diisi oleh orang muda. Dalam kesempatan ini pun diserahkan piala bergilir kepada juara umum lomba tujuhbelasan yang digelar siang harinya. Sebagai juara umum adalah KOMKA Paroki Santa Theresia Pelaihari yang menerima piala bergilir dan uang pembinaan, kemudian disusul oleh KOMKA dari Paroki Santa Perawan Maria Yang Terkandung Tanpa Noda Kelayan, KOMKA Paroki Hati Yesus Yang Maha Kudus Veteran, KOMKA Katedral “Keluarga Kudus” Banjarmasin dan KOMKA Bunda Maria Banjarbaru, berturut-turut sebagai juara kedua hingga juara harapan kedua.

Di lain kesempatan, beberapa orang rekan muda dari Paroki Kelayan mengungkapkan pendapatnya tentang makna “kemerdekaan”. Tommy Ribuan selaku Ketua KOMKA berujar bahwa “merdeka” berarti bisa berkreasi semaksimal mungkin tanpa ada batasan dan yang pasti tanpa tekanan juga, dengan ketentuan semua itu bersifat positif, dimana sebagai OMK, kita ini sama-sama dalam penziarahan untuk mencari jati diri kita sebagai saksi Kristus, di sini kita harus bisa mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Sedangkan Ina yang juga berprofesi sebagai guru di TK Katolik Santa Maria Banjarmasin berpendapat, karena kita sudah merdeka, maka nikmati aja kemerdekaan ini. Sekarang saatnya kita berjuang untuk diri kita sendiri.

LOMBA TUJUH BELASAN MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME

Sejak pagi hari, 17 Agustus 2008, hujan telah mengguyur kota Banjarmasin dan sekitarnya. Rencananya, mulai pukul 08.00 Wita dilangsungkan upacara bendera mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Upacara diadakan di lapangan SDK Santa Maria Banjarmasin bersama murid-murid SDK Santa Maria Banjarmasin, SMPK Santa Maria Banjarmasin beserta guru dan staf.

Karena hujan yang cukup deras, maka tidak semua anggota KOMKA dapat hadir untuk mengikuti upacara yang baru dimulai pukul 09.20 Wita dengan Pembina Upacara Pastor Prillion, MSF. Selama upacara berlangsung, lagu-lagu yang dinyanyikan diiringi oleh Marching Band SDK Santa Maria Banjarmasin yang menjadikan suasana upacara bendera di pagi ini terasa begitu semarak dan bersemangat. Usia anak-anak ini masih kecil, namun mereka begitu sigap dan cekatan menjalankan tugasnya masing-masing, diantaranya sebagai mayoret, maupun sebagai pemain alat musik. Beberapa orang guru tampak mendampingi anak-anak ini.

Menjelang pukul 10.00 Wita upacara bendera berakhir, diakhiri dengan tepuk merdeka oleh anak-anak SDK Santa Maria. Usai mengikuti upacara bendera, rekan-rekan KOMKA dari 5 paroki segera melakukan persiapan untuk beragam lomba yang akan digelar. Tepat pukul 10.30 Wita, pertandingan fulsal dibuka oleh Pastor Prillion. Sebelum masuk ke babak final, perlombaan diisi dengan beberapa perlombaan tradisional diantaranya : lomba lari karung, mencabut koin dari buah pepaya dan diakhiri dengan lomba tarik tambang. Dalam kesempatan ini, Pastor Ignatius Allparis Freeanggono, Pr ikut serta dalam perlombaan tarik tambang demi memompa semangat rekan-rekan KOMKA Kelayan agar menjadi yang terbaik! Selain itu, hadir pula Pastor Aloysius Lioe Fut Khin, MSF dan Pastor Aris Sudarmadi, CP yang berada di antara rekan-rekan orang muda yang sedang bertanding.

Sekitar pukul 13.15 Wita, final pertandingan futsal dimulai dengan menampilkan KOMKA Katedral melawan KOMKA Veteran. Di bawah cuaca mendung yang agak panas, rekan-rekan orang muda kita dari 2 paroki ini berusaha bertanding sebaik-baiknya untuk menjadi yang terbaik. Setelah berjalan sekian menit, pada akhirnya wasit menentukan bahwa KOMKA Veteran berhak menjadi juara dengan skor 2 – 0.

Usai pertandingan, rekan-rekan orang muda dari 5 paroki yang berjumlah 100-an orang lebih ini bersantap siang bersama dengan menu nasi kuning. Suasana keakraban dan penuh persaudaraan tampak di sepanjang perayaan tujuh belasan yang diselenggarakan oleh Komisi Kepemudaan Keuskupan Banjarmasin di tahun 2008 ini.
Foto-foto lebih banyak bisa dilihat dialbum HoPe Komisi Kepemudan Banjarmasin dialamat :
[reported by: Dionisius Agus Puguh Santosa, 19 Agustus 2008, 11:50 WITA;
anggota Divisi LITBANG KOMKEP Keuskupan Banjarmasin FOTO : Dionisius Agus Puguh Santosa]

Tidak ada komentar: