22 November 2008

PEMBEKALAN PEMIMPIN IBADAT: Membuat Renungan


       Melanjutkan rangkaian pembekalan pemimpin ibadat yang sempat tertunda karena persiapan tahbisan Uskup, maka pada hari Senin, 10 November 2008 pukul 20.30 Wita di pendopo Santo Yosef dilaksanakan pembekalan pembuatan renungan yang dipimpin oleh romo Lioe Fut Khin. Bila pada pembekalan-pembekalan sebelumnya peserta yang hadir memenuhi pendopo Santo Yosef, maka pada pertemuan tersebut hanya 7 orang saja yang hadir.

        Pertemuan diawali dengan renungan yang dibawakan oleh Bp. Santo dengan didampingi Bp. Alfons dan Bp. Budi selaku wakil dari wilayah Bernadeth. Renungan diambil dari Injil hari itu, yaitu dari Lukas 17:1-6.

         Dalam evaluasi terhadap penyampaian renungan yang dibawakan oleh wilayah Bernadeth, beberapa hal yang menjadi catatan adalah sbb:

1.        Isi renungan dapat diperkaya dengan kebijakan-kebijakan yang berlaku di dalam masyarakat.

2.        Renungan dapat dilengkapi dengan kesaksian, contoh-contoh, pengalaman pribadi dan teks-teks lain dalam Kitab Suci.

3.        Hindari nasihat moral dan diganti dengan ajakan.

       Selanjutnya romo Fut menguraikan bahwa Injil hari itu berbicara mengenai 3 hal, yaitu:

  1. Penyesatan
  2. Pengampunan
  3. Iman

       Meskipun kelihatannya ketiga hal tersebut berdiri sendiri-sendiri, tapi sebetulnya bisa digabungkan. Orang yang menyesatkan sudah berdosa 2 kali, selain berdosa terhadap diri sendiri, orang tsb mengajak orang lain untuk berbuat dosa. Salah satu ujud penyesatan ini adalah sungkan, takut menegur dan sulit mengampuni orang lain yang bersalah. Menyadari hal itu, murid-murid Yesus minta ditambahkan iman.

        Pertemuan selanjutnya adalah pembekalan bahan pendalaman iman masa Adven. Waktu akan diinformasikan kemudian setelah paroki mendapatkan bahan pendalaman iman. (smr) 

Tidak ada komentar: