22 November 2008

PENYULUHAN PEDULI KOLESTEROL


      Diawali dengan pembagian kupon oleh pengurus PKP untuk pemeriksaan darah gratis di “Prodia” kepada umat yang telah mendaftar, pada tanggal 2 November 2008 pukul 10.00 – 11.00 Wita di pastoran dilaksanakan penyuluhan peduli kolesterol yang dibawakan oleh dr. Kasan Wongjaya dan disponsori oleh Pfizer.

       Dr. Kasan menjelaskan bahwa di Indonesia saat ini, angka kejadian penyakit jantung koroner tergolong tinggi dan terus meningkat serta merupakan pembunuh utama manusia di atas 40 tahun. 80% penderita meninggal mendadak dan 50% di antaranya tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. 40% penyakit jantung koroner diakibatkan oleh kolesterol tinggi. 80% kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh dan 20%-nya dari makanan.

         LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan kolesterol jahat yang dapat membentuk plak yang lama kelamaan akan pecah dan mengganggu atau bahkan menutup sama sekali aliran darah ke jantung maupun otak, sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner ataupun stroke. Namun demikian tidak semua kolesterol jahat. HDL (High Density Lipoprotein) merupakan kolesterol baik yang dapat memindahkan LDL dari dinding pembuluh darah.

        Untuk mengendalikan kolesterol ini maka beberapa hal yang perlu dilakukan adalah sbb:

  1. Pengaturan pola makan dengan mengurangi makanan berlemak atau yang mengandung kolesterol tinggi.
  2. Olah raga secara teratur.
  3. Cek kadar kolesterol secara berkala, periksa ke dokter dan minum obat secara teratur dan benar.

        Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada dr. Kasan dan petugas Pfizer yang dilakukan oleh Ibu Novita selaku ketua Seksi PKP Paroki. Setelah acara selesai, dr Kasan masih memberikan kesempatan kepada peserta untuk berkonsultasi secara pribadi terhadap hasil pemeriksaan darah yang telah dilakukan. (smr)

1 komentar:

Obat Kolesterol mengatakan...

Artikel sangat menarik, informasinya sangat berbobot, semoga menjadi referensi yang berguna untuk kesehatan masyarakat indonesia terima kasih