27 Mei 2010

Hari Komunikasi Sedunia: “IMAM DAN PELAYANAN PASTORAL DI DUNIA DIGITAL”

Pada Minggu Paskah VII, 16 Mei 2010, gereja memperingati Hari Komunikasi Sosial Sedunia yang ke-44. Mengaitkan dengan tahun Imam 2010, tema Hari Komunikasi tahun 2010 ini adalah: “Imam dan Pelayanan Pastoral di Dunia Digital: Media Baru Demi Pelayanan Sabda.”

Mengambil bacaan Injil Minggu itu, yaitu dari Yohanes 17:20-26, romo Allparis yang memimpin perayaan ekaristi Minggu pagi memulai homili dengan mengajukan pertanyaan, “Mungkinkah doa Yesus dalam bacaan Injil yang mengharapkan agar umat-Nya bersatu dan saling mengasihi dapat terwujud?” Sementara itu kita tahu kenyataan yang terjadi saat ini adalah kurang baiknya relasi antara suami-istri, orang tua-anak, antar anggota komunitas, dst.

Memperingati Hari Komunikasi Sedunia, kita menengok ke belakang. Dulu kemana-mana para imam membawa Kitab Suci, sekarang yang dibawa adalah laptop yang berisi Kitab Suci. Sebuah refleksi bagi kita dalam dunia digital adalah bagaimana kita bisa mempergunakan teknologi modern itu dengan bijak. Sebagai contoh, apakah internet kita manfaatkan untuk mewartakan Yesus atau mewartakan diri sendiri? Apakah Facebook kita manfaatkan untuk mencari Sabda Tuhan melalui renungan-renungan, Kitab Suci online, dsb atau kita pakai untuk main poker?

Dunia digital yang terus berkembang bisa mempermudah pekerjaan dan menyatukan yang berjauhan. Apakah dunia digital telah dimanfaatkan dengan baik dalam pelayanan pastoral?

Dalam doa Yesus dinyatakan bahwa Yesus tinggal dalam kita karena kasih Allah. Yesus menghendaki agar kita saling mengasihi dan banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengasihi satu sama lain. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah memanfaatkan facebook, twitter, frienster, email untuk mewartakan Tuhan dan berbagi kebaikan satu sama lain.

Gereja memandang teknologi modern adalah anugerah Tuhan. Romo Allparis mengakhiri homilinya dengan ajakan untuk mengambil kesempatan memanfaatkan teknologi modern dan dunia maya sebagai peluang mewartakan Sabda Allah. (smr)

Tidak ada komentar: