27 Mei 2010

PERAYAAN PASKAH LANSIA


Minggu pagi, 18 April 2010, di Paroki Kelayan diadakan perayaan Paskah bersama para lansia dalam suatu perayaan ekaristi dan acara ramah tamah. Acara yang dikoordinir oleh Panitia Paskah 2010 dihadiri sekitar 100 lansia.

Perayaan Ekaristi bersama Lansia

Dalam homili dari bacaan Minggu Paskah II yaitu: Kis 5:27b-32,40b-41, Wahyu 5:11-14 dan Yoh 21:1-19, romo Lioe Fut Khin mengungkapkan suatu realita yang lazim, yaitu bahwa muda-mudi berpacaran tentu yang ditanyakan bukan jumlah tabungannya berapa. Romo yang ditahbiskan juga tidak akan ditanya nilai filsafatnya dapat berapa. Yang umumnya ditanyakan adalah, “Apa engkau mengasihi aku/Aku?”

Para orang tua diajak berkumpul di sini adalah untuk menunjukkan kasih kita pada mereka selagi mereka masih hidup. Kalau mereka telah tiada, semua itu tidak ada artinya lagi. Kasih ini juga yang menjadi kunci apakah Petrus layak menggembalakan umat.

Dalam bacaan Injil diceritakan bahwa saat Yesus berkata, “Tebarkanlah jalamu” maka mereka mendapat banyak ikan. Ini mau mengingatkan kita bahwa tanpa Yesus kita tidak dapat berbuat apa-apa. Meskipun demikian Yesus tetap mau melibatkan kita dalam karya-Nya. Hal ini nampak dalam bacaan tersebut di mana Yesus meminta para murid-Nya untuk memberikan sebagian hasil tangkapan mereka.

Ada sebuah pernyataan yang mengungkapkan bahwa orang sukses adalah orang yang memilki segala sesuatu dalam genggamannya. Namun demikian tetap saja ada bagian-bagian tertentu dari manusia, dimana manusia tidak dapat menguasainya

Tanpa kasih, segala sesuatu tidak dapat berkembang dengan baik dalam hubungan:

· Antara umat dengan umat

· Antara gembala dengan umat, dan

· Antara anggota keluarga.

Sebagai penutup homili, sebuah pesan dilontarkan romo Fut, yaitu, ”Bahagiakanlah orang tua dan ciptakan suasana yang enak bagi mereka.” Dengan demikian semoga keluarga kita mengalami sukacita kebangkitan Yesus dan terus tumbuh dalam iman, harapn dan kasih.

Ramah Tamah

Setelah perayaan ekaristi selesai, para lansia diundang untuk mengikuti acara ramah tamah di Aula Syalom. Hadir dalam acara tersebut, romo Allparis dan Bp. Willy selaku Ketua Dewan Paroki. (smr)

Tidak ada komentar: