27 Mei 2010

“KARYA ROH KUDUS DALAM MEDIA DIGITAL”


Saudara-saudara yang terkasih di dalam Yesus Kristus,

Bulan ini bulan penuh rahmat: Bulan Maria, Paskah, Pentakosta, dan ada Minggu Komunikasi Sosial. Banyak pesan yang dapat kita renungkan dalam hal ini. Sebuah pertanyaan reflektif, “Apakah Roh Kudus berkarya dalam media digital untuk mewartakan kabar kegembiraan Paskah dalam bulan Maria ini? Jawabnya “PASTI”. Allah tak terbatas dalam berkarya.

Sebuah anugerah jika saat ini kita mempunyai media komunikasi digital. Salah satu bentuk komunikasi digital adalah undangan rapat, doa lingkungan dan sebagainya yang dilakukan dengan menggunakan SMS sehingga dapat menyebarkan berita dengan begitu cepat. Roh Kudus menggerakkan semuanya, dan dalam hal ini, banyak hal yang bisa dilakukan.

Saudara – saudara yang terkasih,

Ketika ada orang membunuh dengan parang, kita tidak serta merta melarang menggunakan parang. Hal yang sama terjadi ketika media komunikasi digital digunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan INJIL. Bukan berarti kita akan melarang adanya media komunikasi digital. Justru dalam hal ini kebijaksanaan Kristiani akan mendapatkan tantangan untuk berkarya agar tetap konsisten perpegang teguh dengan norma-norma kristiani.

Saudara-saudara yang terkasih, media komunikasi telah mengalami kemajuan yang luar bisa, namun seiring dengan itu pula tak jarang perpecahan dalam banyak bidang juga terjadi. Sekali lagi iman kristiani mendapatkan tantangan, agar media komunikasi bisa menjadi alat yang mempersatukan. Marilah kita berdoa terus menerus agar Roh Kudus mengobarkan semangat persatuan, seperti yang diharapkan Yesus terhadap para pengikut-Nya.

Tentu kita berharap, media komunikasi yang sudah begitu maju ini dapat kita gunakan untuk membangun paroki, sehingga umat semakin rukun, bersatu padu sesuai dengan rencana dan kehendak Tuhan. Sekali lagi, kita mesti terus memohon agar karunia Roh Kudus selalu mengobarkan setiap hati kita.

Tuhan memberkati!

Tidak ada komentar: