29 November 2010

KAUM MUDA DI KOMUNITAS


Kehadiran dan peranan kaum muda dalam aneka lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI di Paroki Kelayan seolah mematahkan anggapan bahwa kaum muda di paroki cuma beberapa orang saja. Meskipun sebenarnya dari data umat bulan Agustus 2010 jumlah kaum muda di paroki adalah 373 jiwa, dengan sebaran per-komunitas sesuai grafik di bawah.

Berawal dari keprihatinan paroki terhadap vakum-nya kegiatan kaum muda, maka Bidang Koinonia Dewan Paroki mengambil momen HUT Kemerdekaan RI sebagai sarana bagi kaum muda untuk mengambil peran aktif. Untuk memunculkan “wajah-wajah” baru, maka kaum muda dikumpulkan dengan bantuan ketua komunitas untuk mengirim utusan kaum muda di komunitasnya masing-masing. Meski belum maksimal, namun upaya ini cukup membuahkan hasil, terbukti sekitar 40 orang berhasil dikumpulkan.

Peranan orang tua dalam memberikan ijin bagi anak-anaknya dan mendukung anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di gereja pun patut dihargai. Semua berawal dari sebuah kesadaran bahwa paroki perlu suatu regenerasi yang berkesinambungan. (smr)

Tidak ada komentar: