29 November 2010

Penanda Ulang Tahun Paroki ke-71: PEDULI KORBAN BENCANA ALAM



Saat ini negara kita sedang mengalami saat-saat yang sulit di berbagai tempat: banjir di Wasior, gempa dan tsunami di Mentawai dan meletusnya gunung Merapi di Jawa. Penderitaan akibat bencana makin diperparah dengan kekacauan politik, ekonomi, perselisihan antar suku, antar kelompok, antar agama. Hal itu terjadi seiring dengan hari ulang tahun paroki ke-71 sehingga tidak ada peringatan yang meriah. Kita dipanggil untuk bersaksi, mencoba terlibat untuk membantu mereka yang tertimpa musibah. Meskipun bantuan kita tak seberapa besar dibandingkan dengan penderitaan mereka, setidaknya kita merasa bahwa kita adalah bagian dari mereka dan ada niat untuk membantu. Doa yang kita lantunkan merupakan sebuah tindakan nyata. Selain doa, kita juga memberikan bantuan secara finansial. Dana telah kita kumpulkan dari kolekte maupun dari sumbangan pribadi, yang dikirim melalui paroki, keuskupan maupun dikirim secara pribadi.

Berikut ini beberapa hal yang dapat diinformasikan seputar kemana dana itu mengalir:

1. Dana yang dikumpulkan untuk korban di Mentawai dikumpulkan di keuskupan bersama dengan paroki-paroki di keuskupan Banjarmasin, kemudian disalurkan melalui keuskupan Medan, dimana Mentawai merupakan bagian dari keuskupan Medan.

2. Dana yang dikumpulkan untuk Peduli Korban Merapi disalurkan melalui para suster PMY. Bantuan diwujudkan berupa pemberian nasi bungkus, bahan pangan, penyembuhan dari trauma akibat bencana, dan sebagainya. Para suster PMY bersama dengan sukarelawan terlibat langsung menyalurkan bantuan yang diterimanya, termasuk dana dari umat paroki Kelayan. Dana yang terkumpul di paroki, ditransfer ke rekening atas nama :

SR MAGDALENA SUKIJAM PMY. BANK BCA , NO REK:1691761598.

Kontak person untuk tugas lapangan dalam penyaluran dana:

Sr. Anastasia PMY , no Tlp. 085328001960.

Masih terbuka peluang bagi umat akan membantu dengan mengirim langsung ke no rekening diatas. Para suster PMY tersebut berdomisili di Yogyakarta dengan alamat SLB HELEN KELLER INDONESIA. Jln. Martadinata, Wirobrajan, Yogyakarta.

Rincian dana yang ditransfer melalui paroki ke rekening tersebut di atas adalah sbb:

Dana kolekte II paroki terkumpul Rp. 10.000.000._

Dana kolekte II Komunitas Daniel Rp. 700.000._

Sumbangan NN RP. 5.000.000._

Sumbangan yang ditransfer sendiri ke rekening di atas Rp. 2.000.000._

Saya yakin ada yang mentransfer / menyumbang sendiri ke rekening tersebut tanpa sepengetahuan saya,siapa dan berapa jumlahnya.

Atas peran serta segenap umat dalam kepedulian ini, diucapkan terima kasih.

(R.D. Allparis)

Tidak ada komentar: