02 Juli 2008

Jejak Langkah Paroki: Pastor Gerardus Heyne, MSF

Lahir di Den Bosch (Belanda) tanggal 20 Juli 1913. Ditahbiskan menjadi imam tanggal 23 Juli 1939. Ia masuk ke Universitet di Nijmegen, kemudian menjadi dosen di seminari tinggi. Tahun 1953 Pastor Heyne diutus ke Kalimantan bertugas sebagai Vikaris Uskup Banjarmasin sekaligus menjadi Pastor Paroki Kelayan tahun 1956 sampai dengan1985. Tahun 1986 pulang ke Belanda dan meninggal di Belanda tanggal 14 Januari 1999. Paroki ini berkembang pada masa penggembalaannya dan sebagai vikaris ia mendampingi uskupnya.
Sewaktu Pater Heyne menjabat sebagai pastor paroki, paroki ini sangat maju di bidang rohani dan jasmani/materiil. Dua kali gedung gereja diperluas. Sekolah-sekolah berkembang, jumlah umat Katolik bertambah.
Sebagai Vikaris, Pater Heyne mewakili Mgr W. Demarteau, sebagai uskup, kecuali tahbisan imam. Ia membantu Mgr. Demarteau dalam urusan Keuskupan Banjarmasin.
Pak Alexander Suharjo mengisahkan pengalamannya ketika bergabung dengan Legio Mariae yang didirikan Pater Heyne untuk pertama kalinya di Banjarmasin. Legio Mariae waktu itu berkembang menjadi ujung tombak dalam berevangelisasi & berkatekese bagi perkembangan umat paroki di bawah bimbingan beliau.

Catatan redaksi:
Anda memiliki informasi lain seputar Pastor Heyne dan karya-karyanya selama menjadi pastor paroki Kelayan? Kami juga mengharapkan data, tulisan, foto pastor paroki Kelayan setelah Pastor Heyne beserta karyanya yang menonjol untuk melanjutkan tulisan Jejak Langkah Paroki ini.

Tidak ada komentar: