26 Juli 2008

PEWARTAAN

MEMIMPIN IBADAT SABDA TIDAK SULIT!

Keluhan
Seorang pendamping komunitas kebingungan ketika sampai waktunya menyiapkan bahan pertemuan bulanan komunitas. Bahan pertemuan itu tak lain adalah ibadat sabda. Sang pendamping komunitas & beberapa pengurus merasa kebingungan bagaimana mesti menyiapkan ibadat sabda, memilih bacaan Kitab Suci apalagi mengupasnya dalam renungan. Rupanya masalah ini juga sering menimpa pengurus komunitas pada umumnya. Keluhan utama adalah pemandu merasa tidak memiliki bekal ilmu tentang Kitab Suci atau pengajaran iman Katolik, tidak berani ataupun grogi saat memimpin apalagi berbicara panjang lebar di hadapan umat di komunitas, dan tentu saja memiliki kemampuan yang terbatas dalam menyusun sebuah ibadat sabda.
Materi
Seksi Pendalaman Iman Bidang Pewartaan mencoba menjawab permasalahan ini dengan menyiapkan “Pelatihan Pemandu Ibadat Sabda Komunitas”. Saat ini materi pelatihan telah disusun dalam bentuk buku dan dijadwalkan bulan Agustus 2008 akan dilaksanakan pelatihan tersebut. Secara umum materi mengulas persyaratan yang perlu dimiliki seorang pemandu ibadat sabda, persiapan sebelum ibadat sabda, tata upacara ibadat sabda, model-model renungan/khotbah, skema khotbah, dan ciri-ciri khotbah yang baik.
Kesempatan Bagus
Pelatihan merupakan sebuah seri pertemuan dengan teori dan praktek yang akan disajikan oleh Tim Kerja Bidang Pewataan. Oleh karena itu jangan lewatkan kesempatan ini bagi potensi umat yang terpanggil di setiap komunitas. Setelah mengetahui hal ikhwal memimpin ibadat sabda maka mereka yang mengikuti pelatihan akan berkata,”….memimpin ibadat sabda tidak sulit!” (zo)

PERAYAAN EKARISTI UNTUK KELUARGA
Setiap Jumat II dalam Bulan

Salah satu program dari Seksi Keluarga yakni Perayaan Ekaristi Keluarga digulirkan mulai Agustus 2008. Tepatnya setiap Jumat II dalam bulan jam 18.00 wita bertempat di gereja. Tujuan perayaan ekaristi ini adalah meningkatkan kualitas hidup rohani keluarga dan memberikan kesempatan bagi setiap pasutri untuk menyampaikan ujud syukur peringatan penerimaan Sakramen Perkawinan pada bulan tersebut. Para pasutri mendapatkan kesempatan untuk membaharui kembali janji nikah. Homili pastor dikhususkan untuk pembinaan kehidupan keluarga. Petugas liturgi dilayani oleh keluarga-keluarga. Misa ini terbuka bagi keluarga maupun pasutri dari paroki yang ada di kota Banjarmasin.
Jangan lewatkan kesempatan misa setiap Minggu kedua jam 18.00 setiap bulannya! Jadwal terdekat Jumat 8 Agustus 2008 dan bagi pasutri yang berulang tahun perkawinan pada bulan Agustus 2008 silakan menuliskan nama, tanggal penerimaan Sakramen Perkawinan & peringatan yang ke berapa pada formulir yang telah disediakan Sekretariat Paroki untuk mendapatkan doa dan berkat khusus saat Perayaan Ekaristi Keluarga! (zo)

PELAJARAN AGAMA KATOLIK DI SEKOLAH NEGERI ATAU SWASTA NON KATOLIK
Umat yang memiliki putra-putri yang bersekolah di sekolah negeri atau swasta non Katolik tingkat SD & SMP di wilayah Paroki Kelayan apabila pelajaran agama Katoliknya belum terlayani maka dapat mengisi formulir pendaftaran di Sekretariat Paroki. Diharapkan sebelum tgl 3 Agustus 2008 formulir data anak sudah terkumpul. Kegiatan ini merupakan bentuk usaha Dewan Paroki bekerja sama dengan guru-guru agama Katolik dalam melayani keperluan umat.
Orang tua/wali anak akan mendapatkan pengarahan pada Minggu 3 Agustus jam 10.00 wita di Pendopo Santo Yoseph. Ada pun siswa tingkat SMA dapat bergabung dalam pelajaran agama Katolik yang diselenggarakan di Katedral. (zo)

Tidak ada komentar: