16 Agustus 2009

KAUL KEKAL SUSTER CAMILLA, SFD


Motto: “ Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurut

perkataan-Mu” (Lukas 1:38)

Minggu 5 Juli 2009, umat Paroki Kelayan mendapat kehormatan untuk menjadi saksi pengikraran Kaul Kekal dari Suster Camilla SFD. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr Petrus Boddeng Timang, didampingi Rm. Al. Lioe Fut Khin,MSF dan pastor tamu Rm. Yan Ladju,OFM. Kehadiran Rm. Yan Ladju,OFM dari Paroki Santo Yoseph Sukabumi merupakan wakil kongregasi OFM yang memberi dukungan kepada “saudarinya” kongregasi SFD.

Bapa Uskup dalam homilinya menyebutkan bahwa pekan ini merupakan Pekan Pesta Keuskupan karena setelah Kaul Kekal ini, para Suster SPM merayakan 25 tahun berkarya di Keuskupan Banjarmasin yang dirayakan di Paroki St. Theresia Pleihari. Suster Camilla,SFD akan mengikuti Yesus Kristus sampai akhir hayat. Satu cinta, cinta Yesus yang menjadi alasan. Kaul miskin, karena yang ia punyai adalah Kristus. Bukan hal yang kebetulan bahwa bahwa tema bacaan minggu ini adalah tentang seorang nabi dengan konsekwensi ditolak di kampungnya sendiri. Kita mau memilih suatu sikap yang berbeda dari dunia oleh karena itu dunia memerlukan kesaksian pengikut Kristus. Bapa Uskup menegaskan,”Anda diutus supaya segala makhluk memuji Tuhan.”

Tibalah saat acara pengikraran kaul. Setelah 10 tahun mengikuti pembinaan di dalam tarekat Suster-suster Fransiskan Dina (SFD) akhirnya dara Flores yang bernama lengkap Sr. Camilla M. Fatima Siti SFD, dengan bulat hati mengucapkan kaulnya di hadapan Pemimpin Umum Suster Adriana SFD. Suasana haru meliputi rangkaian liturgi ini.

Selesai perayaan Ekaristi yang memakan waktu 2,5 jam, seluruh umat diundang syukuran bersama di Aula SDK Santa Maria. (zo)

Tidak ada komentar: