15 Agustus 2009

“KAMI SANGAT SENANG”


JAMBORE MISDINAR DAN SEKAMI MISIONER,

BANJARBARU, 27 – 29 JUNI 2009

SMPK Sanjaya Banjarbaru selama 3 hari menjadi saksi kebersamaan Misdinar dan Sekami se-Keuskupan Banjarmasin. Tak kurang dari 250 anak berinteraksi dalam kegiatan yang dikemas penuh dengan permainan dan kreativitas. Jambore diselenggarakan sebagai tanda penutupan Tahun Paulus dan bertujuan menanamkan semangat misioner sejak kecil serta memupuk panggilan. Paroki Santa Perawan Maria mengirimkan 20 anak dengan pendamping Sr. Sophia, SFD dan Fr. Tommy, CMM.

Dibuka Bapak Uskup

Bapak Uskup Petrus Boddeng Timang berkenan membuka acara jambore didampingi Rm.Supriyadi CM (Ketua Penutupan Tahun Paulus) dan Rm. Medi, CM selaku Koord. Jambore. Ibu Anna Trombine, bagian acara, langsung melumerkan kebekuan dengan game ice breaking dan mencampur anak dari berbagai paroki dalam 17 kelompok.

Out Bond merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Mereka berlomba dengan 10 wahana, tersebar di komplek gereja Banjarbaru. Out bond ini dikemas dengan cerita Misi Meratus dan melatih kerja sama serta kreativitas untuk mencapai tujuan misioner.

Api Unggun & Pentas Seni

Malam puncak adalah acara api unggun dengan penampilan aksi pentas tiap paroki. Di latar belakangi api yang menyala, setiap kontingen unjuk kebolehan. Rata-rata menyajikan nyanyi dan tari. Paroki Kelayan menyajikan tampilan beda, yakni drama komedi berjudul “ORLANDO”, mengisahkan kehidupan seorang “mantan Pastor” yang lepas jubah karena tertarik lawan jenis. Yohanes, selaku lakon utama memerankan tokoh dengan baik, didukung “Uskup” Rheza, Lintang sebagai istri Orlando, Jojo, William, Fanny, menjadi anak yang kacau, Ekky dan Erny sebagai polisi, Dita dan Imelda sebagai narator. Pesan yang ingin disampaikan adalah umat ikut mendukung para pastor, biarawan dan biarawati untuk setia pada panggilannya. Di penghujung acara, panitia mengumumkan bahwa drama Orlando yang disutradarai Fr.Tommy CMM mendapat juara I, kontan seluruh anak Kelayan melonjak berteriak!

Pameran & Misa Penutupan Tahun Paulus

Gambaran misi dan tugas pewartaan pada hari ketiga dibawakan oleh Rm.Medi, Rm.Allparis, & Rm. Greg. Anak-anak selanjutnya melihat Ekspo Panggilan yang ditampilkan oleh berbagai kongregasi. Jambore diakhiri dengan misa Penutupan Tahun Paulus di Gereja Bunda Maria Banjarbaru dengan selebran utama bapak Uskup.

Kesan dan Pesan

Meski tidur berhampar karpet dan kesulitan mandi, anak-anak mengaku sangat senang dengan materi acara jambore. “Seneng banget,” kata Lintang, salah satu misdinar Paroki Kelayan yang ikut,“Dapat banyak teman dan acaranya heboh! Sekarang, kami misdinar jadi tambah akrab. Kalau bisa diadakan lagi acara yang seperti jambore, waktunya lebih lama dan game-gamenya lebih seru!” katanya. Wah…(zo)

Tidak ada komentar: