23 Agustus 2009

Menyambut Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2009




YAKUB:
BERGULAT DENGAN ALLAH DAN MANUSIA

Satu lagi Bapa Para Bangsa, yakni Yakub, tokoh besar perjanjian Lama setelah Abraham akan kita geluti bersama dalam BKSN 2009. Lembaga Biblika menyediakan materi untuk kategorial anak, remaja, orang muda dan umat dewasa/komunitas.

Tema BKSN 2009 ini berkaitan dengan Tema BKSN 2007: Abraham: berkat bagi Segala Bangsa. Kita dihantar pada kenyataan bahwa berkat yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham semakin nyata terpenuhi dalam Yakub, cucunya. Tapi berkat ini harus diperjuangkan dari pihak keturunan Abraham.

Kisah Yakub kita temukan dalam Kitab Kejadian, dalam sebuah bagian yang biasa disebut Siklus Yakub, tepatnya Kej 25:19 – 36:43. Secara sistematis umat diajak masuk ke dalam 4 materi pertemuan yakni:

1. Pergumulan Yakub dengan Esau (Kej 27: 1-40)

2. Pertemuan Yakub dengan Tuhan (Kej 28: 10-22)

3. Pergumulan Yakub dengan Laban (Kej 29: 15-30)

4. Pergumulan Yakub dengan Allah (Kej 32: 22-32)

Kemasan BKSN 2009 sangat menantang kita untuk masuk ke dalam tema yang telah disiapkan. Bergulat atau bergumul menjadi kata sentral dalam materi. Seakan kita diajak berkelahi atau berkonfrontasi dengan orang lain (manusia) dan lebih-lebih dengan Allah. Bagaimana mungkin seorang manusia bergulat atau bergumul dengan Allah?

Jika kita membaca Perjalanan hidup Yakub, adik Esau dan putra pasangan Ishak-Ribka, maka kita akan segera bertanya karena seakan-akan terdapat ketidak adilan yang dibiarkan Tuhan bahkan direncanakan Tuhan!. Yakub bersama-sama Ribka, ibunya, melaksanakan penipuan agar Yakub mendapatkan berkat dari Ishak. Berkat ini menyangkut aspek jasmani (warisan) dan rohani (kepemimpinan dalam keluarga atau bangsa) dan tidak dapat ditarik kembali oleh si pemberi berkat. Sebelumnya Yakub juga telah mengambil Hak Sulung dari Esau digantikan dengan masakan merah. Sessi ini memberikan pembelajaran bagi kita untuk memahami Kitab Suci secara menyeluruh.

Makna perjuangan yang tak kenal lelah dari Yakub untuk mendapatkan janji Allah merupakan teladan yang menonjol dalam kisah ini. Bahkan Allah sendiri menguji kegigihan Yakub dalam menjalani kehidupannya. Dari sisi Allah memberikan kesempatan bagi Yakub untuk berkomunikasi dengan-Nya.

Tak berlebihan jika kehidupan Yakub memberikan teladan kepada kita agar gigih berjuang mendapatkan berkat dari Allah. Tuhan memberkati orang yang mau berjuang dengan tekun dan bersedia bekerja sama dengan baik. Teladan Yakub untuk tetap tekun berdoa dalam segala peristiwa menghasilkan kebaikan bagi Yakub.

Rupanya masih banyak yang menjadi tanda tanya bagi kita untuk mendalami kisah Yakub ini, oleh karena itu Seksi Pendalaman Iman Bidang Pewartaan mengajak para pemandu BKSN 2009 di tiap komunitas menggeluti materi ini. Komunitas diminta mengutus minimal 2 orang pemandu pendalaman Kitab Sucinya untuk menghadiri pembekalan pada Senin 24 Agustus 2009 di Pastoran jam 20.00 – 22.00 wita. (zo)

Tidak ada komentar: